Menyingkap Tantangan dan Keuntungan Belajar Daring Siswa Selama Pandemi COVID-19 Melalui Metode Wawancara
Laporan Penelitian Metode Wawancara
Pendahuluan
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman siswa dalam belajar daring selama pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan siswa-siswa di tiga sekolah di Jakarta. Wawancara dilakukan secara daring melalui aplikasi video call.
Metode Penelitian
Dalam penelitian ini, kami menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman siswa dalam belajar daring. Kami melakukan wawancara dengan 15 siswa yang mewakili tiga sekolah di Jakarta. Wawancara dilakukan secara daring melalui aplikasi video call. Kami memilih siswa-siswa ini secara acak dari populasi siswa di masing-masing sekolah.
Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa-siswa menghadapi berbagai tantangan dalam belajar daring selama pandemi COVID-19. Beberapa tantangan yang paling umum termasuk kesulitan dalam menjaga motivasi belajar, keterbatasan akses ke teknologi yang memadai, dan kesulitan dalam berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas.
Namun, siswa-siswa juga menyebutkan beberapa keuntungan belajar daring. Beberapa keuntungan ini termasuk fleksibilitas dalam waktu belajar, kemampuan untuk mempercepat kecepatan belajar, dan kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang subjek tertentu.
Diskusi dan Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar daring selama pandemi COVID-19 memiliki tantangan dan keuntungan yang unik bagi siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam menjaga motivasi belajar dan mengatasi keterbatasan teknologi, tetapi juga mengalami keuntungan dalam hal fleksibilitas waktu dan kemampuan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang subjek tertentu.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperluas populasi sampel sehingga dapat mewakili siswa dari berbagai latar belakang dan kota. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana guru dapat membantu siswa mengatasi tantangan yang mereka hadapi dalam belajar daring dan bagaimana pengalaman belajar daring dapat diintegrasikan ke dalam pengalaman belajar yang lebih luas.