Contoh Surat, Laporan Dan Berkas Penting

Thursday, February 16, 2023

Contoh Laporan Hasil Observasi Cabai

| Thursday, February 16, 2023

Contoh Laporan Hasil Observasi Cabai

Produksi Cabai Terhambat: Hasil Observasi Pertumbuhan dan Serangan Hama pada Tanaman Cabai


Berikut ini adalah contoh laporan hasil observasi cabai:

Laporan Hasil Observasi Cabai

Pendahuluan

Cabai (Capsicum annuum L.) merupakan tanaman penting dalam budidaya tanaman sayuran di Indonesia. Tujuan dari observasi ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi cabai di lapangan.

Metode

Observasi dilakukan di sebuah lahan pertanian di desa X, kecamatan Y, kabupaten Z. Tanah di lahan tersebut adalah tanah liat berpasir, dengan pH sekitar 6,5. Bibit cabai yang ditanam adalah varietas lokal yang biasa ditanam di daerah tersebut. Pemupukan dilakukan sebanyak tiga kali selama masa pertumbuhan dengan menggunakan pupuk NPK.

Hasil dan Pembahasan

Setelah dilakukan observasi, diperoleh hasil sebagai berikut:

Pertumbuhan Tanaman Cabai

Pertumbuhan tanaman cabai cukup baik dengan tinggi rata-rata tanaman sekitar 60 cm. Daun-daun cabai tampak hijau dan segar. Pada masa berbunga, tanaman cabai mempunyai bunga dengan warna putih hingga ungu.

Produksi Buah Cabai

Produksi buah cabai tergolong rendah dengan rata-rata sekitar 1,5 kg per pohon. Ukuran buah cabai bervariasi dari kecil hingga besar. Bentuk buah cabai kebanyakan bulat telur, dengan warna hijau pada awal pertumbuhan dan merah pada saat matang.

Serangan Hama dan Penyakit

Selama masa pertumbuhan, tanaman cabai mengalami serangan ulat grayak dan penyakit antraknosa. Serangan ulat grayak menyebabkan kerusakan pada daun cabai, sedangkan penyakit antraknosa menyebabkan buah cabai membusuk. Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan menggunakan insektisida dan fungisida.

Kesimpulan

Hasil observasi menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman cabai cukup baik, namun produksi buah cabai tergolong rendah. Serangan ulat grayak dan penyakit antraknosa juga mengganggu produksi cabai. Oleh karena itu, diperlukan pengendalian hama dan penyakit yang tepat agar produksi cabai dapat meningkat.

✔ Related Posts