Contoh Surat, Laporan Dan Berkas Penting

Sunday, February 19, 2023

Contoh Laporan Pkl Smk Otkp

| Sunday, February 19, 2023

Contoh Laporan Pkl Smk Otkp

Kisah Perjuangan Siswa SMK OTKP: Pengalaman Berharga Selama Praktek Kerja Lapangan di Perusahaan


Berikut ini adalah contoh laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) SMK OTKP (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran):

I. Pendahuluan

Saya, [nama], adalah siswa kelas XII SMK OTKP [nama sekolah] dan telah menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di [nama perusahaan] selama enam bulan, mulai dari [tanggal awal] hingga [tanggal akhir]. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh pengalaman kerja di bidang otomatisasi tata kelola perkantoran serta memperdalam pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama di sekolah.

II. Deskripsi Perusahaan

[Nama perusahaan] adalah perusahaan yang bergerak di bidang [jenis usaha]. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun [tahun berdiri] dan memiliki cabang di beberapa kota di Indonesia. Pada saat PKL, saya ditempatkan di kantor pusat perusahaan yang berlokasi di [alamat kantor pusat].

III. Deskripsi Pekerjaan

Selama PKL, saya diberikan tugas sebagai asisten administrasi. Tugas-tugas yang saya lakukan antara lain:

Membuat laporan keuangan bulanan perusahaan dengan menggunakan aplikasi Excel.

Membuat laporan persediaan barang yang ada di gudang dengan menggunakan aplikasi program komputer.

Membantu mengatur jadwal rapat dan melakukan reservasi ruangan untuk rapat.

Menyiapkan surat-surat dan dokumen yang diperlukan untuk keperluan perusahaan.

Membuat dan memperbarui data pegawai perusahaan.

IV. Hasil dan Pembahasan

Selama menjalankan tugas-tugas tersebut, saya belajar banyak hal yang baru. Diantaranya adalah:

Memperdalam kemampuan menggunakan aplikasi Excel dan program komputer untuk mempermudah pekerjaan administrasi.

Mengetahui cara menyusun laporan keuangan bulanan dan laporan persediaan barang yang benar.

Belajar cara mengatur jadwal rapat dan melakukan reservasi ruangan secara efektif.

Mengetahui tata cara pembuatan surat-surat dan dokumen yang diperlukan dalam keperluan perusahaan.

Memperdalam pengetahuan tentang pengelolaan data pegawai perusahaan.

Selain itu, saya juga belajar bagaimana bekerja dalam tim yang efektif dan menjaga hubungan kerja yang baik dengan atasan dan rekan kerja.

V. Kesimpulan

Praktek Kerja Lapangan di [nama perusahaan] memberikan banyak manfaat bagi saya. Saya mendapatkan pengalaman kerja yang berharga dan memperdalam pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama di sekolah. Saya juga belajar bagaimana bekerja dalam tim dan menjaga hubungan kerja yang baik dengan atasan dan rekan kerja.

VI. Saran

Saya berharap agar kegiatan PKL seperti ini dapat terus diadakan di sekolah kami agar siswa dapat memperoleh pengalaman kerja yang lebih banyak. Saya juga berharap agar perusahaan-perusahaan yang telah bekerja sama dengan sekolah kami dapat terus mendukung kegiatan ini

✔ Related Posts